Sunday, April 24, 2011

TERNYATA BEDA

Perbedaan membeli goods dan service..

ü Pengalaman membeli Service

Disini saya akan menceritakan mengenai pengalaman saya membeli Jasa transportasi yaitu membeli tiket pesawat terbang. Pada saat saya liburan semester 3 saya berencana pergi berlibur ke pulau Lombok dan saya memutuskan untuk memakai jasa Transportasi pesawat terbang. Dalam proses membeli jasa ini ada tiga proses pengambilan keputusan pembelian: prepurchase stage, service encounter stage, dan post-encounter stage.

dimulai dari proses sebelum pembelian (prepurchase) pada proses ini saya melakukan proses pencarian informasi akan perusahaan yang akan saya pilih untuk saya gunakan jasanya. Setelah mengetahui beberapa alternatif pilihan yang ada, saya mengevaluasinya dengan melakukan review atas informasi yang diberikan oleh kerabat yang sudah pernah menggunakan produk jasa tersebut. Keputusan untuk membeli atau tidak produk jasa tersebut berada pada tahapan kedua.

Service encounter stage, saya telah memutuskan untuk membeli layanan jasa dari salah satu provider X. Tetapi saya juga menyesuaikan dengan budget saya dalam memilih jasa transportasi yang akan saya pilih sesuai dengan budget. Yaitu dengan mencari tahu tanggal berapa tiket promo karena biasanya harga tiket pesawat itu berubah-ubah sesuai tanggal.
Post encounter stage, tahapan terkahir setelah jasa dinikmati, saya dapat melakukan evaluasi terhadap layanan yang baru dirasakan. kualitas layanan dirasakan benefitnya lebih tinggi daripada biaya yang dikeluarkan, maka ada kemungkinan suatu saat saya akan kembali untuk membeli jasa di tempat yang sama. Akan tetapi jika tidak puas pada layanan pertama sebagai first impression bagi saya, maka kemungkinan besar repeat buying tidak akan terjadi.

Karakteristik Jasa

Secara umum kita dapat melihat karakteristik umum dari jasa berdasarkan pendapat dari beberapa ahli, diantaranya adalah sebagai berikut:

Menurut William J. Stanton (1996:223) sifat atau karakteristik jasa adalah sebagai berikut:

1. Maya atau tidak teraba (intangibility) Oleh karena jasa-jasa tidak teraba, pelanggan tidak dapat mengambil contohnya (secara mencicipi, merasakan, melihat, mendengar atau mencium) sebelum pelanggan membelinya.

2. Tak terpisahkan (inseparability). Jasa kerapkali tak terpisahkan dari pribadi penjual. Tambahan pula, jasa tertentu harus diciptakan dan digunakan habis pada saat bersamaan. Umpamanya, dokter gigi menciptakan dan menggunakan hamper keseluruhan jasanya pada saat itu.

3. Heterogenitas. Industri jasa, bahkan individu penjual jasa, tidak mungkin mengadakan standardisasi dari output. Setiap “unit” jasa agak berbeda dari “unit-unit’ lain jasa yang sama itu. Umpamanya pekerjaan order reparasi seorang montir mobil tidak sama kualitasnya antara satu order dengan lainnya.

4. Cepat hilang (perishability) dan permintaan yang berfluktuasi. Jasa cepat hilang dan tidak dapat disimpan. Ada pengecualian penting dalam pernyataan umum mengenai cepat rusaknya dan penyimpanan jasa-jasa ini. Umpamanya dalam hal asuransi kesehatan dan jiwa, jasa dibeli. Dan dipegang oleh perusahaan asuransi (penjual) sampai saat diperlukan oleh pembeli atau yang berhak menerima (beneficiary). Pemegangan ini merupakan sejenis penyimpanan (storage).

ü Pengalaman membeli Goods

Ada perbedaan pada saat saya membeli goods, tidak ada tahapan untuk membeli goods. Saya lakukan pembelian goods secara spontanitas yaitu membeli sepatu. Pada saat itu saya sedang berjalan-jalan ke distro mengantar teman membeli jaket, kemudian saya pun ikut melihat-lihat barang di dalam distro yang kami kunjungi. Tidak disengaja saya melihat sepatu yang pada pandangan pertama saya langsung menyukai sepatu tersebut. Kemudian saya langsung mencoba sepatu tersebut dan sepatu yang saya suka itu pun pas ukurannya dengan kaki saya, dan sangat nyaman dipakai. Keadaan saya pada saat itu kebetulan sekali sedang mempunyai uang lebih. Karena harga dari sepatu tersebut sesuai dengan budget yang saya punya, saya pun langsung membeli sepatu tersebut tanpa pikir panjang.

Secara singkat membeli goods itu bisa juga tanpa ada tahapan seperti membeli service :)


alur pembelian

No comments:

Post a Comment